Pengertian dan contoh kalimat Past continuous tense


PAST CONTINUOUS TENSE

soal past continuous tense
A. Pengertian
Past continuous tense adalah bentuk tense yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu aksi sedang berlangsung selama waktu tertentu pada waktu lampau (past). Bentuk ini menunjukkan bahwa aksi tersebut terjadi sebelum (began before), selama (was in progress during), dan mungkin berlanjut setelah (continued after) waktu atau aksi lainnya yang terjadi pada masa lampau.


B.Rumus Past Continuous Tense

Rumus past continuous tense untuk membuat kalimat
Positif (+)
Subject + to be (was/were) + verb-ing + object
Negatif (-)
Subject + was/were + not + verb-ing + object
Tanya (?)
– was/were + subject + verb-ing + object ?
C. Contoh kalimat
He was sleeping when I came (+)
– Dia sedang tidur ketika saya datang
He was not sleeping when I came (-)
– Dia tidak sedang tidur ketika saya datang
Was he sleeping when I came ?
– apakah dia sedang tidur ketika saya datang ?
I was working all night yesterday(+)
– saya sedang bekerja sepanjang malam kemarin
I was not working all night yesterday (-)
– Saya tidak sedang bekerja sepanjang malam kemarin
were you working all night yesterday ?
– Apakah kamu sedang bekerja sepanjang malam kemarin ?


Pada penggunaannya, past continuous tense memiliki beberapa fungsi. Fungsi yang pertama adalah untuk mengindikasikan bahwa sebuah kejadian yang lebih panjang di masa lalu telah diinterupsi atau disela. Interupsi tersebut berupa aksi atau kejadian yang lebih pendek. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah contoh berikut :
• I was playing game when John called
• While I was sleeping last night, someone stole my watch.
• When I was writing the e-mail, my laptop suddenly went off
Pada pengggunaan selanjutnya, past continuous tense menggunakan waktu yang spesifik sebagai penginterupsi pada sebuah kejadian. Pada simple past tense, keterangan waktu yang spesifik digunakan untuk menunjukan sebuah peristiwa dimulai atau diakhiri. Perhatikan contoh berikut :
• Last night at 6 PM, I was eating dinner.
• At midnight, we were still driving through the desert.
Past continuous tense juga dapat digunakan untuk menyatakan kejadian-kejadian pararel pada masa lalu. Ketika Anda menggunakan tenses ini dengan dua kejadian di dalam kalimat yang sama, akan memunculkan ide jika kedua kejadian tersebut telah terjadi pada waktu yang bersamaan.
Contoh :
• She was studying while I was making dinner.
• What were you doing while you were waiting?
• Were you listening while he was talking?
Pada penggunaan past continuous tense, sering ditemukan penggunaan kata while atau when. Perlu diperhatikan dengan baik. When biasanya diikuti oleh kata kerja Verb2 dan while diikuti oleh kalimat past continuous tense.
Contoh :
• I was studying when Jane called.
• While I was studying, Jane called.
Ciri-ciri Past Continuous Tense
- Selalu menggunakan to be bentuk kedua yaitu was dan were
- Menggunakan kata kerja bentuk 1, verb 1 + ing
- Menggunakan kata keterangan yang memiliki arti "sedang", yaitu bisa berupa when (ketika ), as ( ketika ), dan while ( selagi/ sementara )
- Menggunakn keterangan waktu dalam bentuk lampau, seperti sbb :
all day yesterday ( sepanjang hari kemarin )
the whole day last Monday ( sepanjang hari senin lalu )

D. Contoh soal dan kunci jawaban
  1. When I saw you in the shop last night, you …………… your new hat. a. don’t wear b. weren’t wearing c. haven’t been wearingd. haven’t worn
Jawaban: b
Penjelasan: Kalimat yang lengkap adalah “When I saw you in the shop last night, you weren’t wearing your new hat”. Arti dari kalimat tersebut adalah ‘Ketika aku melihatmu di toko kemarin malam, kamu tidak sedang mengenakan topi barumu”. Mengapa jawabannya bukan (a) karena ‘don’t wear’ merupakan jenis kalimat simple present tense dimana kalimat tense tersebut digunakan dalam waktu sekarang (present). Jawaban (b) dan (c) juga demikian karena ada kaitannya dengan keadaan sekarang. Sedangkan past continuous tense merupakan tense dimana kejadiannya berlangsung di masa lampau dan tidak ada sama sekali kaitannya dengan masa sekarang. Jadi kita menceritakan kembali kejadian di masa lampau. Maka jawaban yang paling tepat adalah (b) weren’t wearing yang artinya sedang tidak mengenakan.

  1. We ……… in the classroom, when the headmaster entered. a. have all been sitting b. don’t sit c. were all sitting d. are all sitting
Jawaban: c
Penjelasan: Kalimat di atas yang lengkap adalah “We were all sitting” in the classroom, when the headmaster entered” artinya “Kita semua sedang duduk ketika kepala sekolah memasuki kelas. Jenis kalimat past continuous tense biasanya bisa berdiri sendiri tanpa adanya kalimat past tense di dalam kalimat. Seperti “I was reading a book at 11am yesterday” yang artinya ‘Saya sedang membaca buku jam 11 pagi kemarin’. Jadi untuk jawaban (a), (b), dan (d) kurang tepat karena penggunaan untuk jawaban tersebut hanya dapat digunakan pada waktu jam sekarang (present). Jadi jawaban yang paling tepat adalah (c).
  1. The students were doing the test……………. a. while the supevisor was watching them. b. when the director has inspected the class. c. while it is raining. d. since half past seven.
Jawaban: a
Penjelasan: Kalimat yang lengkap adalah “The students were doing the test while the supervisor was watching them” yang artinya ‘Murid-murid sedang mengerjakan tesnya ketika pengawas sedang memperhatikan mereka’. Kalimat past continuous tense dapat digabungkan dengan 2 kalimat past continuous dengan ditambahkan kata penghubung ‘while’ yang artinya ‘ketika’. Ketika dipasangkan dengan kata penghubung ‘while’ maka kedua kalimat dibuat dengan menggunakan ‘past continuous tense’. Biasanya ketika kata penghubung menggunakan kata ‘when’ salah satu kalimat yang digunakan adalah ‘simple past tense’. Mau tahu apa perbedaannya? Ada pada soal berikutnya ya.
  1. When the teacher ……. the exam papers, it became clear to him that several students had cheated. a. is correcting b. was correcting c. had been correctingd. has been correcting
Jawaban: b
Penjelasan: Kalimat yang lengkap adalah “When the teacher was correcting the exam papers, it became clear to him that several students had cheated”, yang artinya ketika guru sedang memeriksa kertas ujiannya, jelas baginya bahwa beberapa muridnya telah berbuat curang. Karena kalimat di atas menggunakan kata penghubung ‘when’ jadi salah satu kalimat menggunakan ‘simple past tense’ dengan kalimat “It became clear to him”. Jadi pilihan jawaban (b) adalah yang paling tepat.
  1. Rini …… ……….. while her mother was washing the vegetables. a. was sleeping b. is sleeping c. has slept d. to sleep
Jawaban: a
Penjelasan: Kalimat lengkap di atas adalah “Rini was sleeping while her mother was washing the vegetables”. Terdapat dua kejadian yang terjadi secara bersamaan pada kalimat di atas. “Rini was sleeping” dan “Her mother was washing the vegetables”, jadi diperlukan kata penghubung ‘while’ dimana dua kejadian sedang berlangsung di waktu yang sama kemarin atau di masa lampau. Jadi jawaban (a) lah yang paling tepat karena jawaban (b), (c) dan (d) merupakan jenis tense untuk  present tense dan present perfect tense.
  1. We were having our lunch when someone…………. at the door. a. has knocked b. is knocking c. to knock d. knocked
Jawaban:d
Penjelasan: Kalimat lengkap di atas adalah “We were having our lunch when someone knocked at the door” yang artinya “Kita sedang makan siang ketika seseorang mengetuk pintu. Nah alasan dari kalimat yang jawabannya tidak menggunakan kata penghubung “while” adalah karena kalimat di atas mengandung dua kata kerja, tetapi satu yang kegiatan yang sedang berlangsung dan yang satunya tidak, yaitu dengan menggunakan kalimat “simple past tense”, jadi ketika kalimat ‘past continuous tense” menggunakan kata penghubung ‘while’ maka kedua kalimat harus sama sama sedang berlangsung. Intinya dari kalimat ‘past continuous tense’ terdiri dari kalimat ‘past tense’ dan satunya ‘past continuous tense’. Jadi jawaban yang paling tepat adalah (d).  
  1. When Tono ….. Ali, he was riding a bike. a. was meeting b. has metc. meets d. met
Jawaban: d
Penjelasan: Kalimat yang lengkap untuk kalimat di atas adalah “When Tono met Ali, he was riding a bike”, yang artinya ‘ketika Tono bertemu dengan Ali, dia sedang mengendarai sepeda. Jadi Past tense dan Past Continuous memiliki arti dimana pada Past Tense menunjukkan bahwa terjadinya aksi/kegiatan yang berdurasi pendek ketika suatu aksi/kegiatan berdurasi panjang sedang berlangsung (Past Continuous Tense). “When Tono met Ali” termasuk ke dalam durasi pendek suatu kegiatan, sedangan “He was riding a bike” merupakan kegiatan berdurasi panjang yang sedang berlangsung. Mengapa jawabannya tidak (a) was meeting? karena “was meeting” merupakan kejadian yang berdurasi pendek, jadi lebih tepat menggunakan ‘past tense’ menjadi “met”. Jawaban (b) dan (c) kurang tepat karena digunakan di masa sekarang (present).
  1. I was sleeping when my father ………. the announcement about me on the radio. a. heard b. hearsc. hearing d. will hear
Jawaban: (a)
Penjelasan: Kalimat lengkap di atas adalah “I was sleeping when my father heard the announcement”, yang artinya “Saya sedang tidur ketika ayah saya mendengar pengumumannya”. Penjelasan kalimat ini sama dengan penjelasan di atas. Kalimat “I was sleeping” termasuk ke dalam durasi penjang suatu kegiatan, sedangan “my father heard the announcement” merupakan kegiatan berdurasi pendek yang tidak berlangsung. Jadi bisa disimpulkan bahwa kegiatan ‘I was sleeping” berlangsung lebih awal ketika ayahnya mendengar pengumuman (kejadian mendadak dengan durasi yang pendek). Mengapa jawabannya tidak (b), (c), (d) kurang tepat, karena digunakan di masa sekarang (present).
  1. Mr. Hutchinson …………… home when the rain began.  a. is walking b. was walking c. walksd. is going to walk
Jawaban: b
Penjelasan: Kalimat lengkap di atas adalah “Mr. Hutchinson was walking home when the rain began”, yang artinya “Bapak Hutchinson sedang berjalan pulang ketika hujan mulai turun”. Penjelasan ini sama dengan soal di atas. “Mr. Hutchinson was walking home”  termasuk ke dalam durasi penjang suatu kegiatan, sedangan “the rain began” merupakan. kegiatan berdurasi pendek. Mengapa jawabannya tidak (a), (c), (d) kurang tepat karena digunakan di masa sekarang (present).
  1. I met Carla when she ……… the road. a. crosses b. cross c. is crossing d. was crossing
Jawaban: d

Penjelasan: Kalimat lengkap di atas adalah “I met Carla when she was crossing the road”, yang artinya “Saya bertemu Carla ketika dia sedang menyebrang jalan”. Penjelasan untuk kalimat ini sama dengan penjelasan soal (7), (8) dan (9). Jadi jawaban (d) yang paling tepat.
https://www.studiobelajar.com/past-continuous-tense/
http://www.belajaringgris.net/past-continuous-tense-802html
https://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/penggunaan-past-continuous-tense.aspx
https://redschocolate.blogspot.com/2016/10/past-continuous-tense.html?m=1
https://www.englishcafe.co.id/contoh-soal-past-continuous-tense-beserta-pembahasannya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food Label

Comparative Degree

Message and Notice